efekk

Tuesday, December 17, 2019


Strategi Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor Indonesia Era Revolusi Industri 4.0
                            


                                                                  
                                                                      Disusun oleh :


Nama                :  Oni Junjungan Pasaribu
NPM                :  18216004
Kelas                 :  4EA29
Mata Kuliah   :  Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4 (Softskill)
Dosen                : Joko Utomo




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Sejarah Perusahaan
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengawali sejarahnya pada tahun 1973. Pada tahun 1973, Astra mendapatkan hak untuk mengimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia. Pada tahun 1976, PT Astra International ditunjuk menjadi agen tunggal, importir dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.

PT Astra International, Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Nichimen Corporation bersama-sama mendirikan pabrik pengepresan plat baja, PT Daihatsu Indonesia pada tahun 1978. Kemudian pada tahun 1983, pabrik mesin PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) didirikan. Pada tahun 1987, PT Nasional Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi PT Astra International. Kemudian pada tahun 1992, PT Astra Daihatsu Motor didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia dan PT National Astra Motor.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perkembangan PT. Astra Daihatsu Motor Indonesia
Berikut ini adalah sejarah perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun :
Tahun 1973
Astra mendapatkan hak untuk mengimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia.
Tahun 1976
PT. Astra International ditunjuk menjadi agen tunggal, importir dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.
Tahun 1978
Pabrik pengepresan plat baja, PT. Daihatsu Indonesia didirikan sebagai perusahaan patungan PT. Astra International, Daihatsu Motor Co., Ltd dan Nichimen Corporation.
Tahun 1983
Pabrik mesin, PT. Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) didirikan.
Tahun 1987
PT. Nasional Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi PT. Astra International.
Tahun 1992
PT. Astra Daihatsu Motor didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan, yaitu PT. Daihatsu Indonesia, PT. Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia, dan PT. Nasional Astra Motor.
Tahun 1996
Pabrik pengecoran aluminium dibangun di KIIC, Karawang, Jawa Barat.
Tahun 1998
Pembelian pabrik perakitan dari PT. Gaya Motor, sejak saat itu ADM memiliki 4 pabrik, yaitu pabrik pengepresan plat baja, mesin, pengecoran aluminium, dan perakitan.
Tahun 2004
Kolaborasi strategis Toyota – Daihatsu dicanangkan melalui peluncuran Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza di Indonesia.
Tahun 2005
Produksi Daihatsu mencapai 1 juta unit kendaraan.
Tahun 2007
Peningkatan kapasitas produksi menjadi 211.000 unit per tahun.
Tahun 2008
Ekspor perdana Gran Max ke pasar Jepang.
Tahun 2009
Daihatsu mencapai peringkat “Good Performance” dalam Indonesian Quality Award 2009 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
Tahun 2010
Produksi Daihatsu mencapai 2 juta unit kendaraan.
Tahun 2011
ADM mencapai peringkat “Emerging Industry Leader” dalam Indonesia Quality Award 2011 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
ADM memperoleh “Gold Achievement Award”, merupakan “The Biggest Score Improvement” dalam Indonesian Quality Award 2011 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
ADM memperoleh “Astra Award 2011”
Tahun 2012
Daihatsu memperoleh “Service Quality Award (SQA) 2012” dari Majalah Service Excellence dan Carre – Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL).
Daihatsu memperoleh “World Class Quality Achievement (WQA) Award 2012 dari Majalah SWA dan PT. MARS Indonesia.

Tahun 2013
Peresmian pabrik perakitan kendaraan bermotor “Karawang Assembly Plant” dan R & D Center

2.2  Strategi Segmentasi
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Agar segmentasi pasar atau pengelompokkan pasar dapat berjalan dengan efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokkan pasar sebagai berikut :
1.      Measurability, yaitu ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
2.      Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3.      Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.
Pada hakekatnya setiap perusahaan yang menjual barang dan jasa hendaknya perlu melakukan segmentasi pasar (market segmentation). Lalu timbul suatu pertanyaan. Apa definisi atau pengertian segmentasi pasar (market segmentation)? dan apa pula tujuan segmentasi pasar (marketing segmentation) itu? Morrison memberikan definisi atau pengertian tentang market segmentation (segmentasi pasar) dengan mengatakansebagai berikut : “Market segmentation is the division of the overall market for a service into groups with common characteristics” Atau dalam terjemahan bebasnya (bahasa Indonesia) dikatakan bahwa segmentasi pasar (market segmentation) merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum. Segmentasi pasar (marketing segmentation) merupakan suatu langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran.

2.3 Strategi Targeting
Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Targeting atau menetapkan target pasar merupakan tahap selanjutnya dari analisis segmentasi. Produk dari targeting adalah target market (pasar sasaran), yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran.Proses targeting mencerminkan kenyataan bahwa perusahaan harus mengidentifikasi pelanggan yang dapat diakses dan dilayani secara efektif dan efisien
Tujuan :Alasan utama organisasi menggunakan penargetan pasar adalah untuk memberikan lebih banyak kekuatan untuk merek. Ketika bisnis tahu persis kepada siapa akan menjual dan apa yang mendorong orang-orang untuk membeli, lebih baik mampu menciptakan kampanye iklan yang mengkomunikasikan pesan merek secara efektif. Pada akhirnya, ini biasanya berakhir memberikan penjualan dorongan, menaikkan pendapatan dan keuntungan.
2.4 Strategi Positioning
Positioning  adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan baurang  pemasaran  agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan  tindakan  untuk meneliti atau mengindentifikasi  posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan  pesaing lainnya, perusahaan  itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan  lebih lanjut melalui  perbedaan-perbedaan  tersendiri.
Untuk bisa sampai ke level top of mind, tentunya dibutuhkan strategi promosi khusus untuk menanamkan brand produk yang cukup kuat. Lalu, kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda jalankan untuk membangun brand awareness dalam benak pelanggan? Berikut kami informasikan tips pemasaran sederhana yang bisa Anda jalankan dari sekarang.Survei pada tahun 2012 menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan kendaraan luas dan dinamis, cocok untuk keluarga, serta hemat dan mudah dari sistem kreditnya. PT Astra Internasional pun membuat inovasi untuk memudahkan keluarga Indonesia dalam melakukan perpindahan. Salah satunya adalah Daihatsu, Daihatsu merupakan mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle, yaitu mobil serbaguna yang memiliki tempat duduk untuk enam orang serta bagasi. Umumnya tempat duduk baris tengah dan belakang pada MPV dapat dilipat atau dilepas agar dapat memuat barang lebih banyak.
§  Konsep Marketing
Targeting
Daihatsu mengusung produknya, Daihatsu menargetkan konsumennya untuk pangsa middle to low end. Dimana konsumen yang ingin memakai mobil dengan harga kisaran 100 jutaan.
Positioning
Daihatsu memposisikan dirinya dalam mengembangkan produknya dengan konsep keluarga, yaitu pemilik mobil yang memiliki enam orang dalam anggota keluarganya. Daihatsu juga memberikan konsep yang dinamis dan pendingin udara depan belakang agar nyaman dalam berkendara.
Segmentasi
Daihatsu membagi produknya dalam empat katagori yaitu, konsumen dengan kepentingan keluarga, konsumen dengan kepentingan petualangan, konsumen dengan kepentingan kampus, dan konsumen dengan kepentingan bisnis.
Untuk kepentingan keluarga, tersedia Daihatsu Xenia, Ayla dan Luxio. Untuk kepentingan petualangan, tersedia Daihatsu Terios. Sedangkan kepentingan kampus, ada Sirion andalannya. Dan untuk kepentingan bisnis, terdapat Daihatsu Gran Max.

2.5 BAURAN PEMASARAN PT. Astra Daihatsu Motor

Bauran pemasaran yang diterapkan yaitu :
1.  Price
Untuk strategi penetapan harga ada 2 strategi yaitu price skimming dan market penetration. Dimana price skimming adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menetapkan harga tinggi untuk menutupi biaya pengembangan produk selanjutnya, sedangkan market-penetration pricing yaitu dengan memberikan harga murah untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah general pricing approach, apakah strategi tersebut ditentukan oleh suplai persediaan; dimana ketika akan menjual produk yang baru diluncurkan, maka harga – harga produk yang lama akan diturunkan agar persediaannya berkurang.
2. Product
Kendaraan bermerk Daihatsu yang di jual di Indonesia dan dipasarkan oleh Astra adalah Daihatsu Zebra, Ceria, Charade, Taft, Feroza, Delta Truk, Taruna, Xenia, Terios, Sirion dan Yang Terbaru adalah Gran Max dan Luxio
Kendaraan Daihatsu sepenuhnya didistribusikan oleh Astra melalui Divisi Daihatsu Sales Operation yang memiliki 137 jaringan    penjualan di seluruh Indonesia, di mana 71 outlet penjualan merupakan cabang langsung dari Astra.
3. Place
PT. Astra Daihtsu Motor diterapkan ke kantor cabang ataupun dealer-dealer yang berada di seluruh kawasan di Indonesia, perwakilan produsen dan agen penjualan akan menggunakan spesialisasi, kontak, pengalaman, dan skala operasi dalam menjalankan fungsi mereka.
4. Promotion
Ada lima alat bantu promosi, yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relations), dan penjualan personal (personal selling) and direct marketing





BAB III
PENUTUP
Kesimpulan   :
PT Astra International, Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Nichimen Corporation bersama-sama mendirikan pabrik pengepresan plat baja, PT Daihatsu Indonesia pada tahun 1978. Kemudian pada tahun 1983, pabrik mesin PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) didirikan. Pada tahun 1987, PT Nasional Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi PT Astra International. Kemudian pada tahun 1992, PT Astra Daihatsu Motor didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia dan PT National Astra Motor.
Seri motherboard Republic of Gamers yang terbaru adalah Rampage III Black Edition dengan chipset Intel X58 yang mendukung prosesor-prosesor desktop terkencang saat ini. Asus pun tetap mengikuti perkembangan motherboard mainstream dan menyediakan platform yang sesuai untuk CPU modern, termasuk seri prosesor Sandy Bridge dari Intel.


No comments:

Post a Comment

4 Fakta Menarik Terkait Psikologi Manusia, Nomor Tiga Jarang Diketahui Jiwa manusia sangat kompleks, untuk itu penelitian selalu berkembang ...